Langsung ke konten utama

TA'MIR


TUGAS, FUNGSI DAN KEWAJIBAN PENGURUS TA’MIR
MASJID NU AL-IHSAN BANTENGMATI
TUGAS, FUNGSI DAN KEWAJIBAN PENGURUS
PELINDUNG
1.    Memberikan perlindungan, pengayoman dan mengarahkan penyelenggaraan organisasi ta’mir masjid dalam rangka kegiatan kemakmuran masjid Al-Ihsan.
2.    Memberikan arah kebijakan, masukan, nasehat, dan pertimbangan-pertimbangan dalam suatu ide dan program dalam pengembangan organisasi sesuai dengan Visi dan Misi Dewan Kemakmuran Masjid Al-Ihsan.
PENASEHAT
1. Memberikan nasehat-nasehat penting dalam penyelenggaraan organisasi Dewan Kemakmuran Masjid dalam rangka kegiatan kemakmuran Masjid Al-Ihsan.
2. Memberikan saran dan masukan kepada pengurus TA’MIR sebagai ta’mir masjid atas kegiatan strategis penyelenggaraan ‘Idarah (administrasi), ‘Imarah (ibadah dan dakwah) serta Ri’ayah (pembangunan) Masjid Al-Ihsan.
3. Melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan ta’mir masjid sesuai dengan kaidah organisasi TA’MIR yang sehat serta penyelenggaraan ibadah dan dakwah sesuai dengan kaidah syariah ahlus-sunnal wal jama’ah.


KETUA
1.    Memimpin dan mengendalikan kegiatan rutin organisasi secara umum
2.    Memimpin Rapat Umum Pengurus.
3.    Memimpin dan mewakili TA’MIR Al-Ihsan dalam kegiatan eksternal.
4.    Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh kegiatan bidang/seksi dalam  melaksanakan amanah organisasi.
5.    Pengambil keputusan atas semua permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tugas yang dijalankan Pengurus.
6.    Menyelengarakan dan memimpin Musyawarah Kerja untuk membahas dan menjabarkan program kerja sesuai dengan kebutuhan.
7.    Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Jama’ah.

SEKRETARIS
1.    Mewakili ketua jika berhalangan hadir dalam suatu jenis kegiatan
2.    Mengatur pertemuan rutin pengurus dan non rutin yang diperlukan di TA’MIR Al-Ihsan
3.    Melaksanakan dan mengontrol seluruh proses administratif  baik ke intern pengurus TA’MIR, Jama'ah Al-Ihsan maupun ke instansi luar, antara lain :
a.    Membuat surat (undangan, mandat, keterangan, dan lain-lain),
b.    Mengontrol distribusi undangan TA’MIR,
c.    Membuat daftar hadir pertemuan dan mencatat hasil dari setiap musyawarah.
4.    Bersama ketua,  bendahara mengevaluasi program kerja dari masing masing bidang serta melakukan pengembangan di bidang organisasi dan program kerja.
5.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR

BENDAHARA
1.    Mengendalikan rencana anggaran pengeluaran masjid secara keseluruhan.
2.    Menginventarisasi data kekayaan masjid baik berupa uang, barang, gedung dan bentuk yang lainnya.
3.    Bersama ketua bidang melakukan evaluasi pengeluaran masjid atas program yang akan dan telah dilaksanakan.
4.    Mengontrol dan melaksanakan distribusi dana/uang untuk setiap kegiatan yang telah di musyawarahkan.
5.    Membuat laporan keuangan secara reguler dan dilaporkan ke Jama'ah Masjid Al-Ihsan.
6.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

IMAM MASJID
1.    Memimpin shalat berjamaah di masjid Al-Ihsan.


BIDANG DAKWAH,  PERIBADATAN DAN PELATIHAN
1.  Merencanakan, melaksanakan, mengontrol, dan  mengevaluasi kegiatan da'wah dalam rangka pembinaan Iman, tarbiyah dan pembinaan masyarakat Islami. misalnya :
a.      Tausiah rutin
b.      Kajian regular
c.      Kajian lain yang dianggap penting bagi Jama'ah Masjid Al-Ihsan, misalnya : Kajian Tafsir,  Aqidah, Hadist,  fiqih,  Siroh Nabawi, dan Ahlaq (tazkiatun nafs) dan lain-lain.
2. Bersama Ketua, Sekretaris dan pengurus lainnya mengevaluasi setiap kegiatan da'wah yang sudah dilaksanakan serta mengembangkan methode yang lebih cocok untuk masyarakat khususnya Jama'ah Masjid Al-Ihsan.
3. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat peningkatan kualitas keimanan dan pengetahuan agama bagi Pengurus TA’MIR dan Jama'ah Al-Ihsan yang bersifat intensif, antara lain :
a.      Pelatihan Mu'adzin,
b.      Pelatihan dan kaderisasi khotib,
c.      Pembuatan KORP MU"ADZIN Masjid Al-Ihsan, dan lain-lain.
4. Mengatur dan membuat jadwal Mu’adzin dari setiap Shalat Wajib Lima Waktu. 
5. Mengatur dan mengontrol  pelaksanaan Shalat Jum'at, antara lain :
a.      Membuat jadwal : Khotib, Imam, Muadzin, badal Khotib, MC Jum'at.
b.      Memastikan kehadiran petugas dengan cara mengkonfirmasi kembali melalui sarana komunikasi ( misal : hand phone, dll).
6. Membuat dan mengusulkan program lain yang dianggap perlu untuk peningkatan kualitas keimanan Jama'ah Masjid Al-Ihsan, misalnya Shalat Gerhana, dll.
7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR

BIDANG PHBI
1.    Merencanakan, melaksanakan, mengontrol, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan Islam yang berhubungan dengan even PHBI.
2.    Mengatur dan mengontrol  pelaksanaan Shalat Tarawih Ramadhan, antara lain
a.      Membuat jadwal : Imam, Kultum/Tausiah Ramadhan, Muadzin, MC Tarawih.
b.      Memastikan kehadiran petugas dengan cara mengkonfirmasi kembali melalui sarana komunikasi ( misal : hand phone, dll).
3.    Menentukan Imam dan Khotib Shalat Idhul Fitri dan Idhul Adha.
4.    Mengevaluasi setiap kegiatan dan mengembangkan jenis-jenis kegiatan PHBI dengan tujuan meningkatkan Syi'ar Islam.
5.    Membuat laporan dari setiap kegiatan PHBI yang telah dilakukan.
6.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

BIDANG PEMBINAAN GENERASI MUDA MASJID
1.    Merencanakan, melaksanakan,  mengontrol, dan mengevaluasi kegiatan yang bersifat pembinaan keimanan, ilmu agama, pengetahuan umum dan sosial untuk generasi muda yang secara rutin dilakukan di Masjid Al-Ihsan.
2.    Membuat dan mengembangkan program lain yang sesuai untuk remaja sehingga melahirkan generasi muda yang cinta Masjid Al-Ihsan.
3.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

BIDANG PEMBANGUNAN DAN INFRASTRUKTUR
1.    Merencanakan, mendesign, mengontrol, dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur masjid.
2.    Mengusulkan dan mengontrol program perbaikan infrastruktur masjid sehingga jama'ah lebih nyaman dalam melaksanakan shalat di Masjid Al-Ihsan.
3.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

BIDANG TPA DAN TPQ
1.    Merencanakan, melaksanakan, mengontrol, dan mengevaluasi kegiatan yang bersifat pembinaan keimanan, ilmu agama, pengetahuan umum dan sosial kepada anak-anak sampai dengan usia remaja melalui kegiatan TPA dan TPQ  secara rutin dilakukan di Masjid Al-Ihsan.
2.    Menyediakan tenaga guru yang lebih kompenten.
3.    Melakukan perbaikan kualitas pengajaran di TPA  dan TPQ.
4.    Membuat dan mengembangkan program lain yang sesuai untuk anak-anak sehingga melahirkan generasi remaja yang cinta Masjid Al-Ihsan.
5.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

BIDANG ZAKAT, INFAK, DAN SODAKOH
1.    Melakukan penerimaan dan pendataan terhadap penyampaian Zakat, Infak, dan Sodakoh.
2.    Membuat data base mustahiq zakat di lingkungan Masjid Al-Ihsan.
3.    Mendistribusikan Zakat Fitrah dan Zakat Maal ke mustahiq di sekitar Masjid Al-Ihsan.
4.    Bersama Panitia Hari Raya Idhul Adha setiap tahun bekerja sama untuk melakukan pendistribusian daging korban ke warga wilayah RW 26.
5.    Mengkoordinir dan membuat acara-acara yang bersifat tertentu karena adanya musibah yang terjadi baik di sekitar Masjid Al-Ihsan maupun tragedi nasional.  misalnya :
a.      Pengumpulan dana sosial :
1)     Gunung meletus,
2)     Gempa bumi,
3)     Tsunami,
4)     Kebakaran,
5)     Sembako yang dibagikan ke mustahiq dan Dhu’afa, dan lain-lain.
6.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.


BIDANG PEMELIHARAAN SARANA DAN PERLENGKAPAN
1.    Merencanakan, melaksanakan, mengontrol, dan mengevaluasi pelaksanaan perbaikan-perbaikan infrastruktur yang diperlukan di Masjid Al-Ihsan dengan tujuan agar kenyamanan Jama'ah dalam beribadah tetap terjaga.
2.    Menginventarisasi, pengecekan dan pemeliharaan rutin setiap kelengkapan peribadatan di Masjid Al-Ihsan, antara lain :
a.    Sumber belajar/buku (misal : Al’quran, Jus ama dan lain-lain)
b.    Sound system,
c.    Lampu penerangan,
d.    Sanitasi,
e.    Kipas,
f.     Fasilitas wudhu,
g.    Sajadah, Karpet, Tikar, dan lain-lain.
3.    Menyiapkan kelengkapan sarana dan prasarana untuk kegiatan-kegiatan.
misalnya :
a.    Shalat Jum'at,
b.    Shalat Idhul Fitri,
c.    Shalat Idhul Adha
d.    Pengajian, dan lain-lain.
4.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.
BIDANG HUMAS
1.    Menyampaikan  informasi setiap kegiatan di semua bidang di masjid Al-Ihsan.
2.    Membuat  program dan kegiatan-kegiatan yang bersifat memberikan informasi atas semua kegiatan baik yang sudah dilaksanakan maupun dalam tataran rencana jangka pendek kepada Masyarakat dan Jama'ah Masjid Al-Ihsan.
3.    Pemanfaatan teknologi informasi untuk sosialisasi kegiatan masjid dan sarana penyampaian informasi, saran dan usul dari para jamaah.
4.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.
BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN
1.    Melakukan pengecekan secara rutin setiap kelengkapan peribadatan dan alat rumah tangga Masjid Al-Ihsan sesuai pendataan dari bidang pemeliharaan sarana dan perlengkapan agar keberadaannya selalu dalam kondisi yang aman dan tertib.
2.    Mengatur, mengendalikan, dan mengkodusifkan situasi keamanan/ ketertiban agar jamaah Masjid Al-Ihsan dalam menjalankan peribadatan dalam keadaan  aman, dan nyaman.
3.    Melaporkan dan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada ketua TA’MIR.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUS TAKMIR

PENGURUS TA’MIR MASJI D NU AL-I HSAN BANTENGMATI MIJEN DEMAK JAWA TENGAH Alamat  :  Ds. Bantengmati RT 01/03, Kec. Mijen, Kab. Demak, Jawa Tengah SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI TA’MIR MASJID NU AL-IHSAN PERIODE TAHUN  201 9 - 20 23 PELINDUNG            :                                     1.  KEPALA DESA                                     2. RANTING  NU PENASEHAT           :                                    1.  K. MUSHRON MA’MUN                                   ...

Kapan Dimulai Pembangunan

Foto kegitan Khatmil Qur'an arwah jama' MJ-NU AL-IHSAN Bantengmati Tidak terasa mulai transisi perpindahan membuat masjid sendiri untuk kalangan masyarakat Nahdlotul Ulama' kususnya dan masyarakat umumnya, kini sudah hampir sepuluh bulan berjalan menempati masjid NU Al-Ihsan Bantengmati, mulai tanggal 19 oktober 2019 awal menempati hingga saat ini alhamdulillah masyarakat antusias menjalankan ibadah shalat berjamaah di masjid NU Al-Ihsan. Dengan berjalannya waktu, kini masjid NU Al-Ihsan sudah membentuk pengurus ta'mir dan membentuk panitia pembangunan sabagai motor penggerak semua kegiatan dan kemajuan masjid. Dengan adanya Ta'mir semua kegiatan akan diatur dan dimusyawarahkan sesuai masing masing bidang dan seksi-seksinya. Penggalangan Dana Masjid NU Al-Ihsan yang saat ini masih dalam bangunan musolla dan renovasi penambahan bagian atap depan dan samping kanan kiri untuk menampung jamah shalat jumat yang membludak memenuhi masjid. Untuk menyikap...

Haul Mbah ABDUL JABBAR Sesepuh Desa Bantengmati

KEGIATAN HAUL CIKAL BAKAL “ MBAH ABDUL JABBAR” SESEPUH DESA BANTENGMATI Acara haul cikal bakal sesepuh Desa Bantengmati yang dimotori oleh kaum Nahdiyyin pada umumnya dan GP ANSOR pada khusunya telah berjalan dengan lancar dan sukses. Acara tersebut sebagai ritual penghormatan terhadap cikal bakal atau sesepuh babat desa Bantengmati sebagai rasa terimakasih atas jasa-jasa beliau atas keberadaanya desa Bantengmati. Namun anehnya dari perangkat desa tersebut hanya sebagai penonton dan berpangku tangan tidak ada kontribusi yang berarti dalam acara haul tersebut. Angaran desa yang bisa dibilang jutaan bahkan meliaran tidak serupiahpun dikucurkan oleh pihak desa, b. pendanaan pendaan dalam acara haul mbah Abdul Jabbar didapat dari iuran masyarakat desa kusunya warga NU dan para dermawan masyarakat Bantengmati saja, entah sampai kapan perangkat desa bersikap tak mau tahu dalam acara haul cikal bakal desa Bantengmati, mudah-mudahan semua perangkat desa mendapat hidayah ...